Upacara Pelepasan Anggota Pramuka Racana KH. Hasyim Asy'ari-Fatmawati (PRASTARI)
Diposting oleh : sufiyana (regular) | Tanggal : Minggu, 16 Juli 2017

Prosesi pengucapan ulang janji *Moh. Nuruz Zaman*

KEDIRI (kwardariau.org) sekali dalam setahun Pramuka Racana KH. Hasyim Asy'ari-Fatmawati (PRASTARI) melepas anggotanya sehingga menjadi purna racana sebelum wisuda kampus diselenggarakan. pelepasan dilakukan melalui upacara yang disahkan oleh pembina pramuka, dalam prosesi upacara meliputi prosesi adat oleh Pemangku Adat (PA), pelepasan badge racana oleh pembina dan pengucapan ulang janji secara serentak yang disaksikan oleh anggota racana yang mengikuti upacara tersebut.

Pramuka Racana KH. Hasyim Asy'ari-Fatmawati (PRASTARI) bertekad untuk terus menjalankan adat racana dalam melepas anggotanya dan kemudian menjadi purna. seperti pada Minggu, 16 Juli 2017 anggota racana yang sudah semester 8 dan akan segera diwisuda melaksanakan prosesi pelepasan anggota racana. pelepasan tersebut disahkan oleh pembina Pramuka Racana KH. Hasyim Asy'ari-Fatmawati (PRASTARI) Kak Bahtiar Anam, SE. Calon purna racana yang hadir berjumlah 4 putra dan 6 putri. Gedung 1 STAIN Kediri dijadikan tempat yang nyaman untuk pelaksanaan Upacara Pelepasan Pramuka Racana KH. Hasyim Asy'ari-Fatmawati (PRASTARI).

kak Bahtiar menekankan bahwa meskipun sudah menjadi purna, beliau berharap purna racana tetap memberikan kontribusi kepada racana.

"secara tertulis, memang kakak-kakak sebagai purna dan saya berterima kasih kepada kakak-kakak yang telah mengabdikan diri pada racana. Namun, kakak-kakak tetap keluarga PRASTARI. Tetaplah memberi kontribusi kepada racana, dampingilah racana, jaga kekeluargaan antara kita" tegasnya ketika menyampaikan amanat di akhir proses upacara.

Purna racana tentunya memiliki rancangan dalam menerapkan keilmuan yang diperoleh ketika berproses di racana. seperti yang direncanakan oleh kak Rokim.

"ketika sudah menjadi purna, saya siap menerapkan keilmuan yang diperoleh melalui racana kepada masyarakat, terutama mengenai keorganisasian. masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan dalam mengelola sebuah organisasi" ungkap kak Rokim dengan bahasa yang ramah.

Ketika mulai masuk di Pramuka Racana KH. Hasyim Asy'ari-Fatmawati (PRASTARI) anggota dilantik dan diterima dengan kekeluargaan yang ramah. Maka ketika akan menanggalkan keanggotaannya juga dilakukan hal serupa sebagai wujud saling menghargai dan menghormati. Selamat melanjutkan proses yang berbeda kakak-kakak. laporan kontributor dari kediri melaporkan*Sufiyana* (16/07/2017))

Dilihat 129 kali.