Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan memberikan sambutan di depan peserta Rakor sekaligus menutup Rapat Koordinasi Binawasa dengan Pusdiklat Gerakan Pramuka se-Daerah Riau pada Rabu, 18/11/2020 di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru.
PEKANBARU, KWARDARIAU.ORG - Rapat Koordinasi bidang pembinaan anggota dewasa dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan se-Daerah Riau yang dibuka oleh Ketua Kwarda Riau pada Selasa, 17/11/2020 resmi berakhir pada Rabu siang, 18/11/2020. Rapat Koordinasi yang baru pertama kali diselenggarakan Kwarda Riau dalam rangka mensinergikan dan menyamakan gerak langkah binawasa dengan Pusdiklat khususnya di daerah Riau ditutup oleh Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan dan menghasilkan keputusan strategis.

Pada penutupan Rakor, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang binawasa Kak H. Mahadar menyampaikan kepada Ketua Kwarda Riau bahwa peserta Rakor sudah menyusun dan menyepakati mengenai Binawasa dan Pusdiklat agar ada keseragaman pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di-daerah Riau. “Pertama, yang sudah disepakati di Komisi Binawasa adalah mengenai usulan pelaksanaan program kerja bidang binawasa tahun 2021 diantaranya training of trainer (TOT), Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) 2 Angkatan, Penyegaran Pelatih 2 Angkatan, Karang Pamitran, Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD), Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK), Monitoring dan Evaluasi (Monev), dan TOT Asesor Akreditasi Gugusdepan” kata beliau.

“Kedua, yang sudah disepakati di Komisi Pusdiklat adalah administrasi Pusdiklat dimana masing-masing Kwarcab untuk segera membuat/menyelesaikan SK Pusdiklat, Logo/Badge dan Nama Pusdiklat, Standar Operasional Pusdiklat, penyeragaman penomoran Surat Hak Latih dan Surat Hak Bina, Keputusan Pembentukan Tim Pelatih Kursus, Persyaratan Anggota Tim Pelatih, Fungsi Tim Pelatih, Pedoman Anggota Dewasa dalam Gerakan Pramuka berdasarkan SK Kwarnas nomor 048 tahun 2020, Kurikulum dan Materi Kursus berdasarkan SK Kwarnas nomor 047 tahun 2020, dan masing-masing Kwarcab menyerahkan data jumlah Pembina dan Pelatih yang sudah mengikuti KMD, KML, KPD, dan KPL” tambah Kak H. Mahadar.

Ketua Kwarda Riau Kak Azaly Djohan saat memberikan sambutan pada penutupan Rakor berharap hasil Rakor ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh Kwartir Cabang sehingga pendidikan dan pelatihan untuk orang dewasa di Gerakan Pramuka khususnya di jajaran Kwarda Riau dapat terlaksana sesuai tujuan pendidikan dan pelatihan. Kak Azaly juga mengingatkan pentingnya diaktifkan kegiatan Satuan Karya Pramuka di Kwartir Cabang karena manfaat kegiatan di Saka sangat banyak karena menghasilkan keterampilan bagi peserta didik khususnya Pramuka Penegak dan Pandega sebagai bekal di masa depan.

Dilihat 41 kali.