Terakhir, Kwarda Riau bagikan perlengkapan belajar kepada anggota Pramuka Kwarcab Kampar
Diposting oleh : Ir One (admin) | Tanggal : Senin, 08 Februari 2021
Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan membagikan perlengkapan belajar kepada anggota Pramuka Gudep 03-021 dan 03-022 yang berpangkalan di SD Negeri 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar pada Senin, 08/02/2021 bertempat di halaman SD Negeri 011 Desa Baru
SIAKHULU, KWARDARIAU.ORG - - Sebagai bentuk kepedulian kepada anggota Pramuka, Kwartir Daerah (Kwarda) Riau kembali membagikan perlengkapan belajar berupa alat tulis. Kali ini, Kwarda Riau membagikan perlengkapan belajar kepada 50 orang anggota Pramuka Gugusdepan 03-021 dan 03-022 yang berpangkalan di SD Negeri 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar pada Senin, 08/02/2021. SD Negeri 011 Desa Baru merupakan tempat terakhir yang dikunjungi oleh Kwarda Riau karena jumlah perlengkapan belajar yang tersedia jumlahnya terbatas dan diproritaskan kepada Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas, salah satunya adalah Kabupaten Kampar.

Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan hadir secara langsung bersama Wakil Ketua bidang abdimasgana dan lh Kak Joko Pujiono dan Sekretaris Kak Indra Irianto pada acara pembagian perlengkapan belajar dan disambut langsung oleh Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Kampar Kak Jon Haril bersama Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Siak Hulu Kak Bustamar, Korwil Pendidikan Siak Hulu Kak Muryati CH dan Kepala SD Negeri 011 Desa Baru Kak Salim.

Kepala SD Negeri 011 Desa Baru Kecamatan Siak Hulu selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) Kak Salim menyampaikan rasa senang dan bangga atas kunjungan Ketua Kwarda Riau dan rombongan ke sekolahnya. “tiada kata lain yang pantas kami ucapkan selain terimakasih atas kunjungan dan kehadiran Kakak-kakak semua dapat berkunjung ke SD kami ini, ini rasa-rasa seperti mimpi dikunjungi oleh Kakak-kakak semua apalagi penyerahan bantuan, ini merupakan kegembiraan tiada tara bagi kami” kata Kak Salim.

“Perlu kami laporkan bahwa wilayah ini adalah wilayah Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kamapr, namanya SD Negeri 011 Desa Baru, termasuk SD terbesar di Kecamatan Siak Hulu, jumlah muridnya saat ini 1010 orang, rombongan belajar (rombel) nya ada 34 rombel, kemudian jumlah Guru 50 orang, sekarang ini masuknya 4 shift, pagi 2 shift siang 2 shift karena covid-19 ini kami menerapkan sistem pembelajaran tatap muka dengan sangat terbatas dan sudah dimulai 4 Januari 2021 yang lalu” tambah nya.

Kemudian, Ketua Kwarcab Kampar yang diwakili oleh Sekretaris Kak Jon Haril menyampaikan salam dan mohon maaf dari Ketua Kwarcab Kampar yang belum bisa hadir pada kesempatan ini. “Yang pertama, momen ini adalah momen silaturrahmi selain daripada momen penyerahan bantuan dan mohon kiranya kami diberikan pencerahan oleh Ketua Kwarda sehingga menjadi momen yang luar biasa bagi kita semua, yang kedua mudah-mudahan dengan pertemuan hari ini, kita semakin paham dan tahu bahwa kekuatan satya dan darma Pramuka bukan hanya slogan tapi buktinya nanti kita bisa menikmatinya secara bersama-sama” kata Kak Jon Haril.

“Selanjutnya perlu kami sampaikan kepada Ketua Kwarda, mengapa Kecamatan Siak Hulu dan di SD Negeri 011 yang dipilih, pertama, di dalam Gerakan Pramuka kita saling memberikan penghargaan terhadap mereka yang sudah berbuat, dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar, Kwartir Ranting Siak Hulu merupakan salah satu Kwartir Ranting tergiat di Kabupaten Kampar. Selain itu, Kepala SD Negeri 011 merupakan anggota Gerakan Pramuka yang aktif dan punya keinginan yang luar biasa untuk memajukan Gerakan Pramuka khususnya di Gudep 03-021 dan 03-022” ujarnya.

“Kegiatan kepramukaan tujuan akhirnya adalah untuk membentuk karakter-karakter positif generasi muda kita, makanya dalam kegiatan kepramukaan semua kita dilibatkan , selaku warga Negara yang baik kita pasti ingin mengabdi untuk Negara ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, wujud akhirnya membangun generasi bangsa ke arah yang lebih baik dan Gerakan Pramuka adalah salah satu sarananya dan mari kita bersemangat dengan lebih mengenal Gerakan Pramuka” pungkas Kak Jon.

Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan menyampaikan pengalaman beliau selama menjabat di Kabupaten Kampar, “setelah tamat kuliah dari Jawa tahun 1972, saya ditugaskan di Bangkinang, Kabupaten Kampar dan jabatan terakhir sebagai Penjabat Bupati Kampar tahun 1987”. Beliau juga menyampaikan beberapa hal, diantaranya “sebelum tahun 1961, Pramuka dikenal dengan nama Pandu dan organisasi kepanduan waktu itu banyak sekali dan pada tahun 1961 dilebur menjadi satu menjadi namanya Gerakan Pramuka”. “Melalui kegiatan kepramukaan, anggota Pramuka dilatih dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah kegiatan heking (pengembaraan), tanda jejak dan tanda alam, dengan mengikuti kegiatan tersebut seorang anggota Pramuka bisa menjadi berani, mengenal alam dan memiliki keterampilan kepramukaan” kata beliau.

Beliau mendukung rencana pelaksanaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Kwarcab di SD Negeri 011 Desa Baru, “dengan dilaksanakannya KMD bagi Pembina Pramuka menjadi bekal pendidikan awal bagi seorang Pembina Pramuka untuk meningkatkan kemampuannya ke jenjang pendidikan kursus yang lebih tinggi” tambahnya.

Beliau mengingatkan, “Anggota Pramuka diikat dengan Satya dan Darma Pramuka, ada 10 darma Pramuka, jangan hanya dihapal, laksanakan satu persatu, sebagai contoh kita belum pernah melihat anak Pramuka memakai kenderaan ngebut-ngebutan di jalan, dan diharapkan generasi yang akan datang lebih baik” ujarnya.

Setelah membagikan perlengkapan belajar, Ketua Kwarda Riau menyerahkan bantuan masker sebanyak 50 pcs kepada Kwarcab Kampar yang diterima oleh Sekretaris Kak Jon Haril didampingi oleh Wakil Ketua bidang abdimasgana dan lh Kak Rasul Pratama Mulia.

Dilihat 142 kali.