Tanamkan jiwa kepemimpinan sejak dini, Kwarda Riau selenggarakan Latihan Pengembangan Kepemimpinan
Diposting oleh : Ir One (admin) | Tanggal : Jumat, 19 Maret 2021
Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara Latihan Pengembangan Kepemimpinan se-Daerah Riau pada Kamis, 18/3/2021 di Aula Pusdiklatda Riau
PEKANBARU,KWARDARIAU.ORG-Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega menyelenggarakan Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) yang dilaksanakan pada tanggal 18 s.d 21 Maret 2021 bertempat di Bumi Perkemahan Pusdiklatda Riau.

Acara pembukaan ditandai dengan penyerahan tunggul latihan oleh Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan kepada Pimpinan Latihan Kak Herry Syahrial dan pemasangan tanda peserta oleh Ketua Kwarda Riau dan Ketua Harian Mabida Riau Kak H. Masrul Kasmy kepada perwakilan peserta pada Kamis, 18/3/2021.

Ketua Sangga Kerja Jamiatul Ulya dalam laporannya menyampaikan kegiatan LPK merupakan program kerja Dewan Kerja Daerah Riau tahun 2021 sebagai wadah pengembangan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menghasilkan kader-kader muda yang menjadi pemegang estafet kepemimpinan dan modal dasar sebagai pemimpin di masa depan.

“Peserta yang mengikuti LPK Daerah Riau tahun 2021 berjumlah 28 orang terdiri atas, DKD Riau berjumlah 8 orang, Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Daerah Riau berjumlah 20 orang, dimana setiap Kwartir Cabang (Kwarcab) mengirimkan 2 orang. Karena sesuatu dan lain hal, ada dua Kwarcab yang tidak mengirimkan peserta yakni Indragiri Hulu dan Rokan Hilir” kata Ulya.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Pendanaan kegiatan ini bersumber dari anggaran Kwarda Riau” tambahnya.

Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan LPK merupakan upaya menanamkan jiwa kepemimpinan anggota Pramuka sejak dini dan memberikan karakter kepemimpinan dengan tujuan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda.

“Dengan diselenggarakannya LPK memberikan pembekalan tentang wawasan nasionalisme, kepemimpinan, meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan sikap tanggung jawab, serta memantapkan kepemimpinan yang dimiliki Pramuka Penegak dan Pandega sehingga kelak tumbuh generasi muda yang tangguh , berkepribadian dan mampu bersaing secara sehat” kata Kak Azaly Djohan.

“Oleh karena itu, semangat belajar, semangat menambah pengetahuan dan wawasan harus selalu tumbuh, adik-adik harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia karena sejarah bangsa ini akan ditentukan oleh pemudanya” tambahnya.

“Untuk menumbuhkan jiwa kepempimpinan, adik-adik harus disiplin di segala bidang, tangguh secara fisik dan mental. Oleh karena itu, melalui kegiatan LPK ini diharapkan Pramuka Penegak dan Pandega mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme, memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang sangat tinggi, sekaligus sikap hormat menghormati, toleransi dan sopan santun” jelasnya.

“Adik-adikku sekalian, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk belajar menjadi pemimpin yang baik, berdisiplin dan memiliki dedikasi yang tinggi untuk mencapai hasil yang terbaik sehingga mampu menciptakan tatanan nilai hidup dan kehidupan bangsa yang lebih baik” harapnya.

“Kepada fasilitator, narasumber maupun adik-adik Sangga Kerja saya ucapkan terima kasih atas waktu, ilmu dan kesempatan yang diberikan kepada peserta LPK. Saya berpesan untuk selalu menjaga kesehatan serta tetap menjaga protokol kesehatan” tambahnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Latihan Pengembangan Kepemimpinan se-Daerah Riau tahun 2021 secara resmi saya nyatakan dibuka” kata beliau saat membuka acara.

Hadir dalam acara pembukaan, Ketua Harian Mabida Riau yang juga Penjabat Sekda Provinsi Riau Kak H. Masrul Kasmy, Ketua Harian Kwarda Riau Kak H. OK. Nizami Jamil, Wakil Ketua bidang binamuda Kak Jon Haril, Sekretaris Kak Indra Irianto, Dandim 0301/PBR Kolonel Inf.Edi Budiman, S.IP.,M.IP, Kepala Pusdiklatda Riau Kak H. Sarifuddin, Andalan Kak Sondang Saribumi, Ketua DKD Riau Jubahrudin dan para undangan.

Dilihat 146 kali.