PERKEMAHAN PERINGATAN HARI BADEN POWELL TAHUN 2014 DIBUKA RESMI GM PERTAMINA RU II DUMAI
Diposting oleh : yuston (regular) | Tanggal : Minggu, 23 Februari 2014
Dumai (22/2/2014) Dalam rangka memperingati Hari Baden Powell Tahun 2014 Gugusdepan 02005 – 02006 Bukit Datuk Dumai yang berpangkalan di Komplek Pertamina RU II Dumai telah menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu dari tanggal 22 – 23 Februari 2014 yang diikuti 40 Regu Pramuka Penggalang terdiri dari 221 Putra dan 214 Putri, sementara untuk Pramuka Penegak diikuti 34 Sangga terdiri 135 Putra dan 182 Putri.

Dan pada hari Minggu 23 Februari 2014 juga diselenggarakan kegiatan Persari Pramuka Siaga yang diikuti 53 Putra dan 55 Putri.

Perkemahan telah dibuka secara resmi oleh General Manager Pertamina RU II Dumai yang diwakili Bapak H. Yan Syukharial, ST, MM, MBA selaku Manager Umum.    Dalam laporan pembukaan Kak H.J. Edward, SST, M.Si menyatakan kegiatan perkemahan ini dilaksanakan untuk mempererat persaudaraan dan meningkatkan keterampilan kepramukaan peserta didik.  Untuk itu berbagai kegiatan disajikan dalam perkemahan ini diantaranya kegiatan Penggalang lomba Rubik, Pionering Mini, Hiking, Morse, Joget, merias wajah, tali temali dan tarik tambang.  Sementara untuk kegiatan Penegak diadakan Lomba Upacara Tradisi, Pionering Stok, Presentasi Tekpram, Pemetaan, Sandi/Morse dan Tarik Tambang.

Pembukaan perkemahan dihadiri Ketua Kwartir Cabang Kota Dumai yang diwakili Kak H. Sarifuddin, S.Pd beserta Andalan Cabang, Ketua Kwartir Ranting Dumai Selatan dan Ketua Kwartir Ranting Dumai Barat serta segenap Ketua Gugusdepan dan Pembina se-Kota Dumai.

Dalam sambutannya Kak H. Yan Syukharial yang sebelumnya juga pernah menjabat Ketua Kwartir Ranting Dumai Barat dan Ketua Mabigus 07005 – 07006 Bukit Datuk Dumai, mewakili GM Pertamina RU II Dumai menyatakan Gerakan Pramuka yang cikal bakalnya telah dikenal sejak tahun 1912, perlu ditingkatkan peranannya dalam membina kaum muda bangsa Indonesia dalam bentuk character building dan leadership training, sesuai dengan tuntutan kaum muda dan perkembangan zaman.

Pertamina sebagai salah satu institusi turut bertanggungjawab melakukan pembinaan generasi muda khususnya terhadap keluarga pekerja dan masyarakat sekitar daerah operasinya, salah satunya adalah melalui Gerakan Pramuka, sehingga Pertamina perlu membentuk wadah yang menjembatani dan sebagai fasilitator antara Pramuka dengan perusahaan, yaitu membentuk Staf Koordiantor Kepramukaan Unit (SKKU). Mudah-mudahan keberadaan SKKU dapat menjalin hubungan yang harmonis dalam hal pembinaan generasi muda khususnya antara Pertamina RU II dengan Kwartir Cabang Kota Dumai dan sekitanya bahkan hingga ke negaa tetangga.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan burung oleh Pembina Upacara beserta Ketua Kwartir Cabang Kota Dumai, Ketua Kwartir Ranting Dumai Selatan, Ketua Kwartir Ranting Dumai Barat dan Ketua Panitia.

Pembukaan berlangsung lancar dan meriah, dimana saat memasuki lapangan upacara, Nikita selaku Pemimpin Upacara meluncur dengan Flying Fox dan pada akhir acara juga dilangsungkan penggalangan dana Pramuka Peduli yang akan disalurkan kepada Korban Bencana Gunung Sinabung serta ditutup dengan sebuah atraksi tarian Pramuka Luar Biasa. Musim kemarau dan kondisi kabut asap yang kadang tidak mendukung di wilayah Kota Dumai sempat membuat panitia kuatir melangsungkan perkemahan ini.  Namun dengan tekad panitia dan semangat keikutsetaan seluruh Gugusdepan perkemahan ini tetap diselenggarakan, dan syukur dalam pelaksanaannya kabut asap masih dalam tingkat toleransi, dan dari pihak Pertamina RU II Dumai juga memberikan masker kepada seluruh peserta perkemahan.

Pada malam harinya sebagai pengganti kegiatan Api Unggun, dilangsungkan upacara Api Dasa Darma dengan simbol pelepasan 10 lampion.   Hal ini baru pertama kali diterapkan dengan maksud mendidik anggota Pramuka agar tidak membakar lingkungannya sembarangan sebagaimana saat ini yang berakibat timbulnya kabut asap.   Pelepasan 10 lampion menarik perhatian seluruh peserta dan Pembina yang hadir. Kegiatan pekemahan ini merupakan agenda terbesar pada awal tahun 2014 ini dan sebagai penghargaan kepada pemenang, pada akhir kegiatan akan diberikan Piala Juara kepada masing-masing pemenang lomba. Semoga wujud nyata pelaksanaan perkemahan ini yang difasilitasi Pertamina RU II Dumai berguna bagi pembinaan generasi muda sebagai kader pembangunan masa depan bangsa Indonesia. Selamat Hari Baden Powell !

Dilihat 1208 kali.