UPACARA API DASA DARMA MERIAHKAN MALAM PERINGATAN HARI BADEN POWELL
Diposting oleh : yuston (regular) | Tanggal : Senin, 24 Februari 2014

Dumai (22/2/2014) Pada setiap perkemahan pasti dilangsungkan Upacara Api unggun sebagai wujud untuk menjalin tali persaudaraan sesama anggota Pramuka. Dan mengingat kondisi kabut asap yang menimpa wilayah Kota Dumai saat ini, sebagai wujud menanamkan kepedulian Pramuka pada lingkungan dengan turut serta tidak membakar kayu unggun,  maka sebagai penggantinya pada Malam perkemahan Peringatan Hari Baden Powell se-Kota Dumai dilangsungkan Upacara Api Dasa Darma dengan melepas 10 lampion sebagai simbol 10 Api Dasa Darma.

Upacara berlangsung meriah diikuti sekitar 756 orang peserta perkemahan yang dipimpin Pembina Upacara Kak Edward beserta segenap Pembina Pendamping dan Panitia.  Acara dikemas  dengan  Renungan Hari Baden Powell dari cerita 4 lilin seterusnya sebanyak 20 orang petugas yang diatur menjadi 10 pasang melakukan penyalaan lampion dan masing-masing mengucapkan Isi Darma Pramuka dan seterusnya dilepas terbang di langit yang kelam.     Usai diterbangkan 10 lampion terlihat langit yang cukup meriah diwarnai 10 api dasa darma mewarnai langit Bumi Perkemahan Pramuka Bukit Datuk Dumai.

Terlihat seluruh peserta dan pembina sangat antusias mengikuti upacara ini, dan setiap kali dilepas lampion seluruh peserta memberikan tepukan tangan yang meriah.  

Dengan dilakukan pengemasan tersendiri upacara ini, diharapkan anggota Pramuka khususnya yang berada di wilayah Riau tergugah untuk ikut serta menjaga kondisi lingkungan saat ini yang mengalami kabut asap akibat terjadinya pembakaran lahan dimana-mana pada kondisi kemarau yang cukup panjang.

Dalam sambutannya Kak Edward yang juga selaku Ketua Panitia perkemahan Hari Baden Powell se-Kota Dumai mengharapkan seluruh anggota Pramuka dapat menerapkan Satya Darma sebagaimana yang disimbolkan pada 10 api Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi generasi muda yang berkarakter dan berguna bagi masayarakat sebagaimana yang telah dicetuskan oleh Bapak Pandu Sedunia Lord Baden Powell.

Usai acara Api Dasa Darma dilanjutkan kegiatan lomba baik untuk tingkat Penggalang maupun Pramuka Penegak. Dan untuk mengantisipasi kondisi kabut asap seluruh peserta diberikan masker oleh pihak Management Pertamina RU II Dumai. ***(yuston)

Dilihat 1403 kali.