Heking Sambil Penghijauan Hutan Terbakar
Diposting oleh : hermiza (regular) | Tanggal : Rabu, 09 April 2014

Penggalang Menanam Pohon
 

SIAK (06/04/2014) Anggota Gerakan Pramuka Penggalang yang berpangkalan di SMP Negeri 5 Sungai Apit yang berlokasi sekolah di Desa teluk Mesjid Kecamatan Sungai Apit Kwarcab Siak melakukan kegiatan Heking atau Jelajah Alam. Kegiatan yang di ikuti hampir setarus pramuka penggalang dari SMP N 5 ini dimulai pada Minggu pagi sektar jam 08.00 wib. Kegiatan yang sudah lama direncanakan ini baru dapat terealisasi sekarang, sebab beberapa bulan terakhir ini sungai apit merupakan salah satu kecamatan yang mengalami bencana asap. Banyak hutan dan kebun warga yang terbakar dan ikut menyumbangkan asap.

Kegiatan heking ini dilaksanakan untuk membawa dan mengenalkan adik-adik penggalang yang sudah jauh dari alam, banyak sekarang anggota pramuka yang tidak tahu jenis-jenis tumbuhan yang hidup disekitar kita karena minimnya kegiatan yang memperkenalkan keanekaragaman tumbuhan kepada Peserta didik. Kepramukaan yang merupakan salah satu organisai yang mendidik peserta nya di alam bebas harus selalu senantiasa mengetahui keanekaragaman dan kelestarian hutan sekitar

Namun sayang hampir disepanjang perjalanan hutan yang ingin ditunjukkan kepada peserta didik tidak lagi hijau dan rindang tapi sudah berwarna coklat dan Gersang. Yah inilah akibat orang yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran disaat cuaca sedang kering. Melihat hal tersebut, Kak Tamrin dan Kak OBe Selaku pembina pramuka di SMP N 5 Sungai Apit mengajak Adik-adik Pramuka penggalang melakukan penanaman pohon di area hutan yang gersang.  Para pramuka Penggalang ini berebut menamam bibit pohon yang sempat di dapat sepanjang perjalanan.

"Memang tidak banyak yang Dapat kita tanam hari ini, paling tidak ini adalah Awal dan mudah-mudahan di kedepannya gerakan ini di ikuti oleh warga sekitar"  Ujar kak tamrin pada peserta didiknya.

Selain melakukan penanaman pohon di area yang terbakar penggalang SMP N 5 ini juga melakukan uji SKU untuk Penggalang Ramu dan Rakit. Mudah-mudahan kita bisa lebih Mencintai Alam Sesuai dengan Dasa Dharma Kita.

Dilihat 722 kali.