Empatpuluh Juta Rupiah lebih Tambah aktif Bahasa Inggris Bisa Ikut Jambore Dunia di Jepang
Diposting oleh : admin (admin) | Tanggal : Selasa, 22 April 2014

logo Jambore Dunia 2015 di Jepang

KWARDA (kwardariau.org) - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Memberikan kesempatan kepada Pramuka Penggalang, Penegak, Pandega dan Pembina Pramuka untuk mengikuti 23 rd World Scout Jamboree- Jambore Dunia yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai 8 Agustus 2015 di Kirarahama, Yamaguchi, Jepang.

Menurut surat Kwarnas nomor 0130-00-H tanggal 24 Maret 2014, dijelaskan, bahwa persyaratan peserta  kegiatan Jambore Dunia itu adalah, Pramuka Penggalang,Penegak putera putri, berusia antara 14-17 tahun, mendapat izin tertulis dari kedua orang tua disertai fotocopy KTP kedua orantuanya, berbadan sehat dinyatakan dengan surat keterangan dokter, mendapat izin dari kepala sekolahnya, mendapat rekomendasi tertulis dari kwarda,dapat berbahasa Inggris dengan baik, memiliki Kartu Tanda Anggota Gerakan Pramuka,dan sanggup membayar biaya sebesar Rp.42.270.000 perorang.

Dengan uang sebesar lebih kurang 42 juta rupiah itu, peserta akan mendapatkan tiket pesawat udara Jakarta- Osaka/Narita PP dengan pesawat Philipine Airlines economy class, Fee peserta, Tour Post Jamboree 3N 4 D, Biaya perlengkapan meluputi jaket, kaos, topi, scarf, daypack, bahan seragam pramuka, dan badge .  Dana itu sudah termasuk biaya visa Jepang dan Airport tax di Indonesia, sedangkan Paspor diurus di daerah masing-masing.

Dalam surat Kwarnas itu juga disebutkan, Persyaratan Peninjau dan pembina Pendamping adalah Pramuka Penegak,Pandega,Pembina, untuk IST atau peninjau bersedia bekerja sebagai Panitia Jambore sesuai dengan kemampuan dan alokasi dari Panitia, untuk pembina Pendamping bersedia mendampingi regu, berusia 17 tahun ke atas, berbadan sehat dinyatakan surat keterangan dokter, dan memiliki Kartu Tanda Anggota Gerakan Pramuka.

Adapun tahap pendaftaran dari Kwarda ke Kwarnas dalam kontingen Gerakan Pramuka ke 22 rd World Scout Jamboree adalah, pada tanggal 26 September 2014 masing-masing kwarda sudah menyampaikan pendaftaran mengirimkan surat pemberitahuan keikutsertaan peserta dengan menyetorkan copy persyaratan peserta dan jamboree fee. Sedangkan pada tangal 30 September 2014 Kwarnas akan mendaftarkan calon peserta ke panitia Jambore Dunia. Pada tanggal 1 mei 2015 pengumpulan seluruh persyaratan Visa Jepang.

Khusus untuk pengurusan Visa Jepang, Kwarnas menginformasikan, surat izin tertulis orangtua harus dibuat di kertas leges/kertas bermaterai dengan dikuatkan oleh Notaris. Bagi peserta didik harus menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga, Akte Lahir, Surat Nikah Orangtua, KTP Ayah dan Ibu, Surat Asli Keterangan dari sekolah. Bagi anggota Dewasa, menyerahkan fotocopy Kartru Keluarga, Akte Lahir, Surat Nikah, KTP yang bersangkutan dan istri/suami, surat keterangan bekerja dari instansi.

Berkaitan dengan hal ini bagi Kwarcab  di Riau yang ingin mengikuti kegiatan tersebut, diminta untuk melakukan koordinasi dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau. *22/04/2014* (admin) 

Dilihat 3020 kali.